Penanaman 1000 Bibit Kelengkeng di Desa Wonosoco Sebagai Upaya Nyata UMK untuk Menghijaukan Pegunungan Kendeng dan Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Komoditas Pertanian

Kegiatan penanaman 1000 bibit kelengkeng ini merupakan upaya nyata dari Universitas Muria Kudus untuk menghijaukan kembali kawasan tandus terutama di pegunungan kendeng bagian utara. kegiatan penanaman ini selain untuk menghijaukan kawasan yang gersang juga sebagai langkah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui komoditas pertanian terutama tanaman kelengkeng. harapanya dari penanaman ini desa Wonosoco akan menjadi central buah kelengkeng. 

 

jenis kelengkeng yang ditaman merupakan varietas kateki yang merupakan salah satu varietas unggulan tanaman kelengkeng. kegiatan ini juga didukung oleh berbagai instansi dan masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk penyelamatan kawasan pegunungan Kendeng yang gersang dan memfungsikan kembali hutan sebagai daerah resapan air guna mitigasi pengurangan resiko bencana, sekaligus kedepan mengangkat desa Wonosoco menjadi kawasan kampung Hortikultura. dalam kegiatan ini juga didukung oleh perwakilan mahasiswa mulai dari UKM Mapala "Arga Dahana", BEM Fakultas Pertanian, HIMA Agroteknologi.